Home » » Warga Parit 8 Teluk Pinang Gelar “Turnamen Gasing”

Warga Parit 8 Teluk Pinang Gelar “Turnamen Gasing”

TELUK PINANG (kabargas.com) - Dalam rangka untuk melestarikan permainan tradisional atau permainan rakyat di tengah-tengah masyarakat pada zaman modern ini, warga Parit 8 Kelurahan Teluk Pinang, Kecamatan Gaung Anak Serka menggelar turnamen gasing, Sabtu (11/8).

Perlombaan yang dilaksanakan di lapangan terbuka di Jalan Merdeka Teluk Pinang itu mampu menarik perhatian warga sekitar, bahkan ada warga dari daerah lain yang ikut menyaksikan dan menjadi peserta dalam pertandingan olahraga tradisional tersebut. Hal ini membuktikan, bahwa kepedulian warga untuk mengembangkan dan melestarikan seni budaya tidak hilang ditelan zaman.


Ison, panitia pelaksana turnamen mengatakan, perlombaan gasing tersebut bertujuan untuk mengembangkan dan melestarikan seni budaya yang ada di daerah, khususnya Kelurahan Teluk Pinang dan memberikan pemahaman kepada warga, sehingga nantinya permainan gasing ini tidak lagi dianggap permainan biasa.
“Perlombaan yang kita laksanakan ini, cukup mendapat perhatian dari warga, karena selain diramaikan oleh para penonton, peserta yang mengikuti perlombaan juga mencapai 16 kelompok, yang berasal dari berbagai daerah diluar Teluk Pinang,” tutur Ison.


Dijelaskannya, dalam pelaksaan perlombaan tersebut, para peserta harus menunjukkan kebolehan mereka dalam memutar dan memukul gasing, sehingga akhirnya didapatlah beberapa pemenang yang berhak mendapatkan hadiah dari panitia.


“Sistem permainan menggunakan sistem gugur, yang dibagi dua group, yaitu group A dan group B, dan masing-masing kelompok peserta beranggotakan 3 orang,” terangnya.

Sementara itu, Fit, salah seorang peserta lomba mengatakan, bahwa dirinya tertarik mengikuti lomba tersebut karena memang selama ini ia sangat menyukai permainan gasing. Diakuinya, hampir setiap malam selama Bulan Ramadhan ini, ia dan teman-temannya bermain gasing di halaman rumah sambil menunggu datangnya waktu sahur.


“Saya sangat suka bermain gasing, karena selain olahraga, permainan ini juga bisa mendatangkan kegembiraan dan kesenangan bagi para pemain. Selain itu, tentunya dalam rangka melestarikan dan mempertahankan seni budaya kita agar tidak luntur dan tergeser oleh budaya luar,” imbuhnya.
***(www.infoinhil.com)
Share this article :

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. www.kabargas.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger