Home » » Teluk Sungka - Manggis, Buah Berkhasiat yang Terabaikan

Teluk Sungka - Manggis, Buah Berkhasiat yang Terabaikan

Teluk Sungka - Dikutip dari Utusanriau.com. Manggis, buah berkhasiat yang terabaikan. Saat ini petani manggis di Desa Teluk Sungka kec Gaung Anak Serka (GAS) sedang bersukaria. Masa panen maggis telah
tiba, masyarakat di desa Teluk Sungka kecamatan Gaung Anak Serka (GAS), Inhil bersukaria memanen buah manggisnya untuk dijual sebagai penghasilan tambahan selain kelapa dan buah pinang. Rudi, seorang petani manggis yang ada di desa Teluk Sungka bisa mendapatkan uang Rp 70.000,- dari hasil satu kali petikan untuk satu pohon manggis,Jum'at (15/6). Rudi memiliki beberapa pohon manggis dan masih banyak lagi pohon manggis yang masih belum dipanen.Proses pemanenan buah manggis dilakukan hingga beberapa kali, biasanya dipanen setiap dua hari sekali hingga buah manggis yang ada dipohon habis. Menurut Rudi “Musim manggis kali ini tidak semua pohon berbuah bila dibandingkan musim kemarin yaitu bulan Oktober tahun lalu.

Buah manggis dijual kepada pembeli yang datang langsung kekebun, ujarnya. Pada umumnya, petani manggis maupun konsumen manggis tidak mengetahui khasiat manggis yang sangat besar. Petani hanya menjual buah secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu begitu juga dengan konsumen yang hanya mengambil isi buah untuk dinikmati sedangkan kulitnya dibuang begitu saja. Padahal kulit buah manggis yang bernama lain Garcinia mangostana L ini mengandung zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, yakni xanthone. Beberapa penelitian menunjukkan, senyawa ini memiliki sifat sebagai antidiabetes, antikanker, anti peradangan, antibakteri, antifungi, antiplasmodial, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Contoh sebagai anti kanker ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, selain itu ekstrak kulit manggis juga bersifat apoptosis penghancur sel kanker. Lalu memiliki peran penting dalam penyerapan dan metabolisme protein dan karbohidrat sehingga membantu dalam menjaga stamina. Sedangkan khasiat buah manggis menurut penelitian lain bisa menghambat proses penuaan pada tubuh karena selalu memperbaiki jaringan sel tubuh bahkan membantu membuat kulit, mata, gigi, gusi dan rambut lebih sehat. (Ihwan).
Share this article :

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. www.kabargas.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger