Home » » Pemekaran Bukan Ajang Politik

Pemekaran Bukan Ajang Politik

PEKANBARU, (kabargas.com)-Pemekaran merupakan langkah yang tepat untuk memberikan kesejahtran kepada Masyarakat. Namun, Pemekaran jangan sampai dijadikan sebagai ajang untuk kepentingan elit politik semata, tapi jadikan pemekaran sebagai pengembangan pembangunan di daerah.

Ada beberapa daerah yang ingin mekar dari kabupaten induk di Provinsi Riau seperti, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sebagai kabupaten induk dimekarkan menjadi 3 kabupaten. Yaitu, kabupaten Indragiri Selatan, Indragiri Utara dan Kotamadya Tembilahan. Kemudian Kabupaten Bengkalis, Kecamatan Mandau dimekarkan menjadi Kabupaten Mandau.
Saya sangat mendukung ada pemekaran daerah di Provinsi Riau. Saya berharap pemekaran tidak dijadikan untuk kepentingan elit Politik, kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Provinsi Riau, Daswanto Kepada Wartawan, Selasa (17/7).
Daswanto meyebutkan, banyaknya usulan pemekaran disejumlah kabupaten di Riau, perlu didorong oleh semua pihak. Usulan pemekaran dengan tujuan untuk mengembangkan pembangunan di daerah perlu didorong oleh semua pihak. Tapi kalau semata untuk kepentingan elit politik tentu harus dihindari, pinta Daswanto.
Daswanto mengatakan, pemekaran merupakan langkah yang tepat untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. Dengan adanya pembangunan Daerah akan semakin berkembang dan itu sangat bagus," terangnya.
Kata Daswanto, usulan pemkaran daerah di Riau tidak sedikit. Banyak pemekaran itu disebabkan masalah kepentingan elit politik. Misalnya ada calon kepala daerah yang kalah dalam Pilkada. Lalu dia mengusulkan pemekaran lagi, itu yang tidak diinginkan.
Menurutnya, selama ini usulan pemekaran selalu datang dari kalangan masyarakat. Padahal, sebaiknya pemekaran itu yang mengusulkannya adalah kepala daerah. Karena dalam pengusulan itu tidak bisa serampangan.
"Pemekaran tentu harus ada kajian akademis terdahulu. Melalui kajian akademis inilah, masyarakat akan lebih paham akan pemekaran daerah itu," tutup Daswanto. *

Dikutip dari : Beritaazam.com

Share this article :

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. www.kabargas.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger